9 Cara Mencegah Cacar Air

By | August 20, 2017

9 Cara Mencegah Cacar Air Paling Jitu

9 Cara Mencegah Cacar Air – Cacar air dapat terjadi dikarenakan oleh virus varisela zoster yang umumnya menyerang anak kecil sampai kelompok usia remaja. Tidak hanya anak-anak yang dapat terserang, tetapi juga orang dewasa. Dikarenakan penyebarannya yang melalui virus, oleh karena itu sangat mudah tertular. Terlebih orang-orang yang paling banyak bersinggungan serta dekat dengannya, contohnya teman sekolah dan keluarga.

9 Cara Mencegah Cacar Air

Penyakit ini jarang menginfeksi orang dewasa, tetapi bukan artinya tidak dapat tertular apalagi belum sempat mengalami cacar air sepanjang hidupnya. Penyebaran cacar air sangatlah mudah yaitu dapat melalui kontak langsung dengan penderita, terkena percikan bersin atau batuk, serta ada di ruangan yang sama selama lebih dari 15 menit dengan penderita cacar air.

Bagaimana Cara Mengetahui Ciri Ciri Cacar Air ?

Baca Lebih Lengkap : Ciri Ciri Cacar Air

9 Cara Mencegah Penularan Cacar Air Paling Jitu

1. Penderita Cacar Air Melakukan Karantina

Virus varisela zoster penyebab cacar air mudah sekali ditularkan pada orang lain melalui kontak langsung atau melalui udara. Oleh karenanya supaya tidak menular kepada orang lain penderita penyakit ini baiknya dikarantina serta hindari kontak langsung dengan orang lain seminimal mungkin. Mulai dari ruam terlihat pada kulit sampai bekas luka sudah mengering serta terkelupas rata-rata memerlukan waktu 3-5 hari.

2. Mandi Dengan Teratur

Ada mitos yang menyebutkan bahwa penderita cacar air tidak bisa mandi dikarenakan dapat mengakibatkan bintik cacar semakin berkembang. Hal semacam ini tentu tidak benar lantaran bakteri serta kuman malah dapat mengakibatkan cacar makin kronis dikarenakan kerancuan bakteri serta kuman. Penderita cacar harus mandi dengan teratur setiap harinya supaya kotoran pada cacar terbilas bersih. Keringkan dengan handuk kering yang bersih, langkahnya cukup hanya ditepuk-tepuk saja janganlah diusap. Handuk yang dipakai oleh penderita cacar tidak boleh dipakai untuk orang sehat.

3. Pemberian Vaksin

Satu diantara cara mencegah cacar menyebar cepat yakni dengan memberikannya vaksin. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Center for Disease Control and Prevention (CDC), vaksinasi benar-benar bermanfaat untuk menanggulangi penebaran cacar. Walau 90% anak yang sudah diberik vaksin masih tetap dapat terinfeksi. Tetapi biasanya keadaan tubuhnya tidak separah orang lain yang tidak di beri vaksin.

4. Menjaga Kebersihan

Cara lainnya yang bisa mencegah anda dari terkena penyakit cacar yakni dengan senantiasa melindungi kebersihan sekitar lingkungan. Hal semacam ini dikarenakan oleh bakteri serta virus juga akan bersarang ditempat yang kotor. Anda harus senantiasa menjaga kebersihan setiap waktu seperti ganti pakaian – pakaian yang kotor, sprei serta selimut yang kotor, dan sebagainya. Dengan hidup bersih seperti ini dapat membuat anda terbebas dari resiko penyakit cacar air.

5. Jangan Sampai Terkena Melalui Udara

Resiko tertinggi dalam penebaran penyakit cacar yakni lewat udara. Hal semacam ini dikarenakan udara sangatlah kasat mata sehingga benar-benar sulit untuk dicegah. Penebaran virus melalui udara kebanyakan diawali dari keadaan penderita yang bersin serta batuk. Walau sebenarnya bersin serta batuk ini sedang mengeluarkan bakteri serta kuman yang ada pada tubuh penderita sehingga ketika orang lain menghirup udara di dekatnya juga akan mudah terjangkit cacar juga.

6. Jangan Sampai Terkena Air Liur Penderita

Langkah selanjutnya untuk mencegah penularan penyakit cacar yakni menghindari cairan yang datang dari tubuh penderita termasuk juga air liurnya. Umpamanya bekas sedotan atau perlengkapan makanan yang sudah dipakai. Virus penyebab penyakit cacar juga akan mudah menular serta menginfeksi lewat benda – benda tersebut .

7. Jangan Sampai Menyentuh Bagian Yang Terserang Cacar

Langkah selanjutnya yang perlu anda laksanakan yaitu tidak menyentuh bagian tubuh orang lain yang terinfeksi cacar. Jika cairan cacar mengenai tubuh anda, maka hal inilah yang menyebabkan cacar menular kepada Anda. Oleh karena itu supaya tidak tertular cacar air, baiknya jauhkan diri supaya tidak terkena cairan cacar atau pakaian kotor yang dipakai penderita.

8. Gaya Hidup Sehat

Memanglah sangatlah perlu untuk setiap orang agar menjaga gaya hidup sehat setiap harinya. Kesehatan seseorang kerapkali di tentukan oleh makanan yang dikonsumsi serta gaya hidup sehari – harinya. oleh karena itu, agar terhindar dari penyakit cacar untuk senantiasa memiliki pola makan yang baik serta banyak mengkonsumsi buah-buahan yang bermanfaat untuk tubuh.

9. Istirahat Yang Cukup

Begitu penting juga untuk mengatur diri supaya memperoleh waktu istirahat yang cukup. Bekerja yang sangat keras, bermain sangat lama dan aktivitas yang lain yang membuat tubuh merasakan cepat kelelahan sangatlah tidak baik untuk kesehatan. Rutinitas seperti ini malah juga akan mengurangi system daya tahan tubuh sehingga sangat mudah untuk terjangkit cacar air. Oleh karena itu lakukan jadwal istirahat yang efektif dan tidak berlebihan dalam beraktivitas.

Mengobati penderita cacar air dapat dilakukan tanpa penanganan medis atau mesti masuk rumah sakit. Banyak hal yang perlu di perhatikan untuk mengobati cacar air yaitu :

  1. Jauhi makanan yang dapat melukai mulut seperti makanan yang asin serta asam terlebih untuk penderita yang ruam serta bintiknya hingga ke mulut
  2. Banyak mengkonsumsi air lantaran penderita cacar air mudah terkena dehidrasi, bila perlu kulum es batu untuk mengurangi rasa gatal dalam mulut
  3. Bungkus tangan dengan sarung tangan serta bungkus kaki dengan kaus kaki saat tidur supaya mencegah cacar tidak digaruk. Cacar air yang digaruk juga akan pecah sebelum waktunya serta meninggalkan bekas luka yang lebih susah hilang serta lebih lama sembuh
  4. Supaya kulit tidak iritasi pakai baju berbahan lembut. Anda dapat juga menggunakan lotion, bedak talek atau salicyl. Untuk meredakan demam dapat diberi obat penurun panas atau parasetamol, tetapi pada bayi dibawah 3 bulan baiknya berkonsultasi dengan dokter. Jangan memberikannya aspirin pada anak-anak dikarenakan dapat mengakibatkan kerusakan serius pada hati serta otak.

Untuk membantu proses pengobatan luka, penderita cacar air dapat memanfaatkan khasiat bahan-bahan alami supaya luka cepat mengering dan terkelupas serta tidak meninggalkan bekas luka. QnC Jelly Gamat dapat menjadi satu diantara alternatif untuk mempercepat cacar air sembuh.

Baca Lebih Lanjut : Obat Cacar Air QnC Jelly Gamat

Demikianlah artikel kami kali ini mengenai 9 Cara Mencegah Cacar Air Paling Jitu semoga bermanfaat khusus bagi anda yang ingin mencegah dari tertularnya penyakit cacar yang sangat merepotkan ini. Keep Healthy Guys 😀

9 Cara Mencegah Cacar Air

Posted By : Supplier Green World

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *