Bahaya Berkeringat Berlebihan

By | January 23, 2017

Bahaya Berkeringat Berlebihan

Anda sering mengalami berkeringat secara berlebihan ? Tidak percaya diri karena mudah bau keringat ? Tidak hanya itu faktanya bahwa berkeringat secara berlebihan dapat mempengaruhi kesehatan Anda. “Apa saja dampaknya ?” Berikut Saya sampaikan Bahaya Berkeringat Berlebihan secara lengkap pada halaman ini.

Bahaya Berkeringat Berlebihan

Sebenarnya keringat ini memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh diantaranya membuang racun dalam tubuh, mendinginkan suhu tubuh dan membakar kalori di dalam tubuh. Namun jika keringat yang keluar diluar bata s normal atau berlebihan tentu tidak baik juga untuk kesehatan dan menghambat Anda dalam melakukan aktifitas.

Salah satu aktifitas yang mungkin tidak pernah Anda bayangkan terhambat karena keringat yang berlebih adalah menulis. Menulis akan terasa tidak nyaman karena keringat yang keluar dari telapak tangan bisa membasahi kertas yang sedang digunakan. Selain itu, telapak tangan yang selalu berkeringat juga menjadi hambatan bagi seseorang yang gemar memainkan alat musik.

“Lalu Apa bahaya keringat bagi kesehatan tubuh ?”

Nah dalam dunia kedokteran kelebihan keringat memiliki nama lain yaitu hyperhidrosis yang mana terbagi menjadi dua bagian diantaranya…

Hyperhidrosis focal primer

Merupakan kondisi kelebihan keringat pada bagian tubuh tertentu seperti paha, ketiak dan telapak tangan. Hyperhidrosis jenis ini terjadi secara simetri sehingga apabila telapak kanan berkeringat maka telapang kiri juga berkeringat. 

Hyperhidrosis general sekunder

Merupakan jenis hyperhidrosis yang harus Anda waspadai karena biasanya merupakan pertanda atau gejala suatu penyakit seperti gagal jantung, tuberkulosis, jantung koroner, demam tinggi, gula darah rendah dan hipertiroid. Hyperhidrosis ini juga terjadi pada seluruh bagian tubuh dan terjadi kapan saja meskipun dalam suhu yang dingin.

Adapun faktor faktor penyebab dari hyperhidrosis diantaranya…

Makanan atau Minuman

Seperti yang Anda sering rasakan saat memakan makanan yang pedas, makanan pedas ini memang dapat memicu keluarnya keringat dan selain itu minuman yang mengandung kafein pun dapat menimbulkan hal yang sama.

Menopause

Seorang wanita yang telah memasuki masa menopause (berhenti haid) cenderung mengeluarkan keringat yang berlebih.

Gangguan Kelenjar Keringat

Pada beberapa kasus mengungkap bahwa adanya gangguan kelenjar keringat yang memicu tubuh mengeluarkan keringat yang berlebih atau hyperhidrosis.

Pengaruh Obat Obatan

Obat obatan tertentu juga dapat memicu keluarnya keringat yang berlebihan diantaranya morfin, tiroksin, dan anti nyeri.

Cara Penanganan Keringat Yang Berlebih

Jika keringat yang berlebih yang sedang Anda alami merupakan gejala suatu penyakit maka solusinya adalah dengan mengobati penyakit tersebut. Namun jika bukan merupakan gejala penyakit apa apa maka solusinya adalah dengan menyemprotkan antiseprant dengan tensi yang tinggi pada bagian paha, ketiak dan leher atau dengan menggunakan beta blocker dan antikolinergik.

Satu lagi hal yang tidak boleh Anda tinggalkan bahwa ada penyakit lain juga yang bisa ditimbulkan dari keringat yaitu biang keringat. Jika Anda sedang mencari solusi pengobatan biang keringat, bisa lihat di halaman berikut ini —>  Obat Biang Keringat Pada Anak 

Mungkin itulah yang bisa Saya sampaikan, semoga bermanfaat  bagi kita semua, Aamiin.

Apakah Anda Menyukai Artikel Kami yang Satu ini?
Namun bukan hanya ini masih banyak lagi artikel kesehatan yang menarik.
Biar tidak ketinggalan infonya…

–> Silahkan gabung bersama kami disini <–

Twitter
Facebook
Google+

Baca Juga

Obat Biang Keringat Pada Anak Di Apotik

Obat Pembesar Payudara Alami

Pengobatan Gejala Kanker Payudara Stadium Awal

Obat Batuk Berdahak Tradisional Paling Ampuh

 Penurun Panas Dingin

Bahaya Berkeringat Berlebihan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *