Cara Mengatasi Darah Tinggi Pada Lansia

By | November 25, 2017

Cara Mengatasi Darah Tinggi Pada Lansia

Cara Mengatasi Darah Tinggi Pada Lansia – Hipertensi atau tekanan darah tinggi pada umumnya sering terjadi pada lansia (lanjut usia). Hal semacam ini terkait dengan sistem penuaan yang terjadi pada tubuh lansia. Makin bertambah umur Anda, tekanan darah juga relatif bertambah. Meskipun ini sistem penuaan dan terkesan menjadi suatu hal yang “alami”, tapi nyatanya lanjut usia dengan hipertensi sebetulnya mempunyai resiko yang lebih tinggi untuk mengalami komplikasi jantung. Kondisi ini kebanyakan lebih sulit untuk ditangani dikarenakan lansia umumnya mengalami beberapa penyakit dalam satu waktu atau bisa juga disebut dengan komplikasi.

Kondisi fisik pada orang yang sudah dalam kategori lanjut usia berbeda dengan keadaan saat muda. Menurut panel yang beranggotakan kardiolog di Amerika Serikat, ambang batas tekanan darah pada seorang berusia diatas 60 tahun, dapat lebih tinggi dari 140/90.

Dengan hasil ini, lanjut usia dengan tekanan darah tinggi dapat dirawat dengan lebih mudah. Mereka cukup konsumsi obat penurun darah untuk mengontrol tensinya. Anggota panel bahkan juga merekomendasikan peresepan obat, apabila tekanan darah lanjut usia lebih dari 150/90.

Cara Mengatasi Darah Tinggi Pada Lansia

Tips panel paling baru ini didasarkan pada tinjauan rincian pada penelitian yang dikerjakan mulai sejak akhir 2003. Pada penelitian ini, subyek dengan acak diresepkan obat atau tiruan pil. Hasil tinjauan menunjukkan, penderita lansia dapat menghindari permasalahan seperti serangan jantung, stroke, serta ginjal meskipun tekanan darahnya tinggi, atau lebih dari 140/90.

Menurut anggota panel, peneliti, dan spesialis dokter keluarga dari University of Iowa, Paul James, pasien yang lebih tua sebetulnya bisa mengurangi dosis obat dan mencapai target tekanan darah yang ditetapkan. Apalagi beberapa pasien lansia sudah mengonsumsi obat untuk penyakit lain. Interaksi obat lain dan penurun tekanan darah dikhawatirkan berdampak buruk pada kesehatan lansia, misalnya mengakibatkan pusing hingga pingsan.

Cara Mengontrol Tekanan Darah Tinggi Pada Lansia

Perubahan gaya hidup harus dilakukan jika ingin tekanan darah Anda tetap terkontrol. Mengontrol asupan makan dan melakukan olahraga teratur merupakan dua hal penting yang harus Anda lakukan.

1. Mengontrol Asupan Makan

Makanan yang Anda makan rupanya dapat memengaruhi tekanan darah Anda. Orang dengan hipertensi disarankan untuk mengurangi asupan garamnya. Hal ini karena garam secara tidak langsung dapat meningkatkan volume darah dengan cara menambahkan air ke dalam aliran darah. Sehingga, hal ini kemudian dapat meningkatkan tekanan darah.

Diet rendah garam terbukti dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Tidak hanya konsumsi garam meja saja yang Anda kurangi, namun juga termasuk makanan yang mengandung garam tersembunyi. Seperti, pada makanan kemasan, makanan ringan tinggi garam, dan makanan cepat saji.

Selain garam, Anda juga harus mengurangi konsumsi makanan dengan lemak tinggi. Pilihlah makanan sumber lemak sehat, seperti alpukat, salmon, tuna, minyak zaitun, kacang-kacangan, dan lainnya, untuk memenuhi kebutuhan asupan lemak Anda.

Tak ketinggalan, Anda juga dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan, setidaknya lima porsi per hari. Nutrisi penting dan serat yang banyak terkandung dalam sayuran dan buah-buahan dapat membantu Anda dalam menurunkan tekanan darah.

2. Melakukan Olahraga Teratur

Olahraga penting dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh Anda. Selain itu, juga untuk membantu mengendalikan berat badan Anda, sehingga olahraga juga turut membantu mengontrol tekanan darah. Anda disarankan untuk melakukan olahraga teratur setidaknya 30 menit per hari.

Bagi lansia, olahraga dapat dilakukan sekaligus dengan melibatkan rutinitas yang dilakukan sehari-hari. Misalnya, melakukan pekerjaan rumah tangga (seperti menyapu dan mengepel lantai) dan berjalan lebih sering. Melakukan rutinitas sehari-hari sekaligus olahraga sederhana ini sudah cukup membantu meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Bagaimana Dengan Konsumsi Obat ?

Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat mungkin sangat sulit bagi sebagian orang. Sehingga, banyak dari mereka yang memanfaatkan obat untuk menurunkan tekanan darah. Namun, minum obat hipertensi tanpa dibarengi dengan perubahan gaya hidup hanya akan memberi hasil yang kurang optimal. Jadi, bagaimanapun sebaiknya Anda juga melakukan perubahan gaya hidup walaupun sudah minum obat.

Sebaiknya konsultasikan dengan dokter mengenai obat hipertensi apa yang sesuai untuk Anda dan berapa dosisnya. Mulailah dengan dosis rendah untuk menghindari penurunan tekanan darah yang terlalu cepat atau berlebihan. Penurunan tekanan darah berlebihan dapat meningkatkan efek samping. Selain itu, lansia dengan berbagai macam penyakit tentu perlu mengonsumsi berbagai macam obat. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai keamanan penggunaan obat-obat tersebut secara bersamaan.

Demikianlah Cara Mengatasi Darah Tinggi Pada Lansia Semoga Bermanfaat. 

Baca Juga :

Cara Menurunkan Darah Tinggi Pada Ibu Hamil

Penyebab dan Gejala Darah Tinggi Di Usia Muda

Ciri-Ciri Darah Tinggi

Obat Darah Tinggi Di Apotik

Biaya Operasi Gendang Telinga Pecah

7 Cara Cacar Air Cepat Kering Tanpa Bekas

Posted By : www.suppliergreenworld.com

Cara Mengatasi Darah Tinggi Pada Lansia

One thought on “Cara Mengatasi Darah Tinggi Pada Lansia

  1. Pingback: Penyebab Penyakit Miom dan Kista | KAUM WANITA WAJIB BACA !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *