Ciri Ciri Cacar Air Dan Pengobatannya

By | August 19, 2017

Ciri Ciri Cacar Air Dan Pengobatannya

Ciri Ciri Cacar Air Dan Pengobatannya – Cacar air atau Varicella merupakan penyakit menular yang dikarenakan infeksi virus varicella-zoster. Penyakit ini termasuk lama sembuhnya, makanya sering kali membuat anak terpaksa sekali ‘libur panjang’ dari sekolah.

Cacar air merupakan jenis penyakit yang biasanya mewabah pada saat musim hujan. Penyakit ini dapat terjadi pada bayi, anak-anak, ataupun orang dewasa. Dengan kata lain, penyakit cacar air ini memanglah tidak mengenal usia. Namun demikian, cacar air lebih mudah menyerang anak-anak dikarenakan daya tahan tubuhnya belum terlalu kuat. Selain itu, cacar air pada orang dewasa juga lebih mudah di hilangkan bekasnya. Pasalnya, orang dewasa pasti bisa menahan diri untuk tidak menggaruk cacar tersebut .

Ciri Ciri Cacar Air Dan Pengobatannya

Sementara itu, cacar air pada anak seringkali meninggalkan bekas atau bopeng. Dikarenakan rasa gatal yang tidak tertahankan, anak-anak cenderung ingin menggaruk cacar air mereka. Walau sebenarnya saat cacar itu digaruk dan pecah, maka cacar itu dapat membekas sampai anak-anak tersebut tumbuh menjadi dewasa.

Varicella-zoster merupakan virus penyebab cacar air. Virus ini bisa menular dengan sangat mudah melalui udara. Contohnya, seorang penderita cacar air batuk serta bersin di dekat orang lain. Jika ketahanan tubuh orang di dekat penderita cacar itu lemah, maka peluang besar ia juga akan diserang cacar air juga.

Bagaimana mengetahui ciri-ciri cacar air pada anak-anak maupun orang dewasa ? Mudah saja. Gejala awal yang diakibatkan dari penyakit ini adalah ruam merah pada kulit yang di tengahnya ada benjolan berisi cairan berwarna bening. Sepintas bentuk cacar air memang terlihat seperti bentolan lantaran digigit nyamuk. Namun demikian, apabila di perhatikan dengan cermat, cacar air mempunyai benjolan berisi air sedangkan bentol lantaran digigit nyamuk tidak memiliki kandungan cairan. Dengan kata lain, cacar air ini sedikit menyerupai dengan bisul berisi nanah.

Cairan didalam cacar ini cukup beresiko. Pasalnya, apabila cairan itu keluar serta mengenai orang lain, maka orang itu dapat tertular cacar air. Cairan yang berada di dalam benjolan cacar air itu memiliki kandungan virus varicella-zoster. Ciri-ciri cacar air yang selanjutnya dapat dikenali melalui gejala yang dirasakan oleh penderitanya.

Berikut adalah beberapa gejala yang biasanya dialami oleh penderita cacar air, baik itu anak-anak maupun orang dewasa :

  • Demam dengan suhu tubuh mencapai 38 celcius atau lebih
  • Flu ringan
  • Tubuh terasa meriang, lemas, serta seperti akan ‘masuk angin’
  • Sakit kepala
  • Penurunan nafsu makan
  • Batuk kering
  • Gatal di kulit seperti saat digigit serangga
  • Nyeri di pergelangan sendi, sakit kepala, sakit perut, nafsu makan menyusut, rasa capek dan tidak nyaman.

Nyeri otot Sebelum ruam serta benjolan berisi cairan muncul, tubuh penderita cacar air juga akan menjadi demam. Sebagian besar orang terkecoh serta beranggapan ini merupakan flu biasa. Baru setelah 3-5 hari benjolan berisi cairan itu keluar pada sekujur kulit tubuh. Demam dikarenakan cacar air pada seorang dewasa biasanya lebih kronis dibandingkan pada anak-anak. Demam yang dialami penderita cacar ini merupakan sebuah proses berkembangnya virus untuk membuat bintik-bintik merah pada kulit.

Bintik merah tersebut dapat muncul pada tangan, kaki, dada, punggung, muka, bahkan juga kulit kepala. Sejatinya, cacar air bukanlah penyakit parah yang berbahaya. Penyakit ini tidak akan merenggut nyawa penderitanya. Namun demikian, penyakit ini sangatlah ditakuti dikarenakan penyebarannya sangatlah mudah. Sebelum bintik merah muncul biasanya penderita cacar air juga akan mengalami batuk ringan dan hidung berair. Bila daya tahan tubuh seseorang yang terserang cacar air ini kuat maka cacar air yang ditimbulkan akan lebih sedikit dan cepat mengering.

Selain itu, cacar air ditakuti dikarenakan rasa gatalnya yang teramat sangat, hingga kadang-kadang membuat penderitanya susah tidur dikarenakan rasa gatal yang tidak tertahankan. Cacar air juga ditakuti lantaran bekasnya sulit hilang. Bekas cacar air yang tertinggal di permukaan kulit pasti dapat sangat mengganggu penampilan. Tetapi, ada cara-cara alami yang dapat Anda manfaatkan untuk menghilangkan bekas luka cacar air.

Cara Penanganan Cacar Air Supaya penderita cacar air tidak menular Kepada orang lain, baiknya mereka melakukan masa inkubasi kurang lebih 10-14 hari sejak ia didiagnosis terserang cacar air. Hal semacam ini sangatlah perlu dikerjakan agar orang lain tidak tertular penyakit ini. Ada mitos yang menyebutkan bahwa saat terserang cacar air tidak bisa mandi. Konon, bila penderita cacar air ini tetap mandi, maka penyakitnya juga akan makin tambah parah serta tidak kunjung sembuh. Lalu, apakah benar mitos itu ?

Jawabannya yaitu SALAH. Penderita cacar air mesti tetap mandi untuk menghindari resiko infeksi sekunder pada kulit karena bakteri-bakteri yg tidak dibersihkan. Akan tetapi, waktu mandi penderita cacar air harus mematuhi hati-hati jangan sampai ruam merah berisi cairan tersebut pecah.

Kami mempunyai rekomendasi obat yang tepat dan cocok untuk mengobati penyakit cacar air. yaitu dengan Obat Cacar Air QnC Jelly Gamat

Baca Lebih Lanjut : Obat Cacar Air

Demikian Ciri Ciri Cacar Air dan Pengobatannya khusus untuk penderita cacar air. Ciri-ciri ini dapat Anda gunakan untuk mendiagnosis orang-orang di sekitar Anda yang peluang besar sedang terserang cacar air. Bila tidak mau mengalami penyakit yang sama, jagalah daya tahan tubuh Anda serta jauhi orang-orang yang tengah menderita cacar air untuk sementara waktu.

Ciri Ciri Cacar Air Dan Pengobatannya

Posted By : Supplier Green World

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *