Ciri Ciri Campak Jerman (Rubella) Pada Bayi dan Anak

By | August 8, 2017

Ciri Ciri Campak Jerman (Rubella) Pada Bayi dan Anak

Ciri Ciri Campak Jerman (Rubella) Pada Bayi dan Anak – Campak Jerman merupakan salah satu penyakit yang biasanya menyerang anak-anak atau remaja. Penyakit ini dikenal dengan nama Rubella karena merupakan virus rubella yang menyebabkannya.

Ciri Ciri Campak Jerman (Rubella) Pada Bayi dan Anak

Penyebaran penyakit ini cukup mudah melalui titik-titik udara yang berasal dari bersin atau batuk si penderita, bisa menular ke orang lain. Rubela juga bisa ditularkan saat berbagi minuman atau makanan dengan pasien. Bahkan saat Anda memegang benda yang memiliki virus rubella maka dengan tangan yang sama menyentuh wajah Anda, maka Anda bisa terkena virus ini.

Meski tergolong penyakit ringan saat berhubungan dengan anak-anak. Tapi cukup berbahaya bagi wanita yang sedang hamil. Bahkan sampai kematian bayi. Virus ini menyerang kulit dan kelenjar getah bening. Biasanya ditandai dengan ruam merah khas dan pembengkakan kelenjar getah bening (inflammation).

Di Indonesia sendiri, telah dilaporkan ada 400 kasus campak Jerman. Kasus ini terjadi di Indonesia untuk waktu yang lama, yaitu pada tahun 2011. Namun setelah program vaksinasi, secara global jumlah kasus campak Jerman tercatat menurun secara signifikan. Lalu, gejala macam apa campak Jerman pada anak-anak? Berikut ini adalah gejala campak Jerman pada anak-anak:

1. Bintik Kemerahan Pada Kulit

Demam, pusing, bengkak di leher, belakang telinga dan sebagainya merupakan gejala awal. Perhatikan juga apakah ada bintik merah pada kulit wajah anak anda. Biasanya ruam akan muncul di wajah terlebih dahulu lalu menyebar ke kulit tubuh, termasuk kaki dan tangan. Ruam yang muncul biasanya juga akan menyebabkan gatal sehingga anak secara otomatis akan tergoda untuk menggaruknya.

Jika menyatu, maka ruam akan terlihat lebih besar. Mudah untuk membedakan ruam campak Jerman dan campak biasa dimana ruam campak biasa akan terlihat lebih dari ruam campak Jerman. Ruam ini juga akan berlangsung di kulit sekitar 3 sampai 4 hari. Beberapa anak bahkan tidak mengalami gejala awal dan segera ruam atau bercak pada kulit yang membuat orang tua lebih mudah menyadarinya.

2. Hidung berair atau tersumbat

Mungkin hidung sepintas atau tersumbat sangat dekat dengan flu, apalagi setelah munculnya demam pada anak-anak. Hidung berair atau tersumbat ini memang kondisinya yang dingin. Satu-satunya hal yang perlu diperhatikan di sini adalah bahwa pilek yang dialami anak Anda bukanlah flu biasa, tapi dingin ini sebagai gejala penyakit campak Jerman.

Bahkan batuk ringan juga akan mengiringi kedinginan ini seperti saat anak mengalami sakit tenggorokan yang kemudian menjadi batuk dan pilek. Sama seperti pilek pada umumnya, anak Anda juga cenderung mengalami mata berair. Gejalanya seperti ini terasa ringan, namun setelah melihat beberapa gejala lainnya jangan lupa segera bawa ke dokter.

3. Demam Ringan

Pada dasarnya, gejala campak Jerman yang terjadi pada anak-anak termasuk lebih ringan bila dibandingkan dengan gejala yang mempengaruhi pasien dewasa. Demam adalah gejala awal yang disertai dengan sakit kepala dan biasanya suhu tubuh anak meningkat. Tapi bila dibandingkan dengan campak biasa, demam campak Jerman lebih rendah karena suhunya hanya sekitar 37-38 derajat celcius yang akan dialami anak-anak selama 1 sampai 2 hari.

4. Pembengkakan

Pada anak-anak, jika Anda melihat ada perubahan di bagian belakang leher atau telinga dimana ada kelenjar getah bening yang membengkak, perlu diwaspadai gejala campak Jerman. Ditambah dengan kondisi sakit kepala dan demam, Anda perlu segera memeriksakannya ke dokter sebelum terlambat.

5. Nafsu Makan Berkurang

Jika anak biasanya makan banyak dan tidak ada masalah dengan nafsu makannya dan kemudian tiba-tiba menjadi malas makan, orang tua perlu waspada terhadap gejala rubella di sini. Jika nafsu makan Anda tidak disertai pusing dan demam, belum lagi kelenjar getah bening yang bengkak, Anda perlu menemui dokter untuk mendapatkan diagnosis yang benar. Terkadang penurunan nafsu makan anak juga disertai mual di perutnya.

6. Sakit Kepala

Terkadang anak yang mengeluh sakit kepala mungkin tidak membuat orang tua khawatir karena mereka mungkin sakit kepala akibat gejala flu. Atau orang tua bahkan bisa berpikir bahwa gejala sakit kepala karena anak terlalu lelah dalam kegiatan sekolah. Tapi alangkah baiknya tetap waspada apalagi saat anak mulai berjalan susah dan tubuh terasa lemas meski kehilangan kesadaran.

7. Nyeri Sendi

Jika anak Anda biasanya aktif dan tidak ada masalah dengan sendi, tapi tiba-tiba dia mengeluh persendiannya yang menyakitkan, maka Anda perlu mencurigai bahwa dia bukan kelelahan biasa. Rasa sakit sendi ini biasanya dialami oleh penderita perempuan dan kemungkinan lebih besar cenderung terjadi pada remaja perempuan.

Itulah beberapa ciri-ciri atau gejala dari campak Jerman atau rubella yang harus diwaspadai oleh para orangtua. Apabila anak atau bayi anda mengalami ciri-ciri seperti di atas, anda harus waspada kemungkinan anak atau bayi anda mengalami campak Jerman atau rubella dan harus segera mengatasinya. Jika kondisi tersebut tidak ditangani dengan cepat maka kondisi tersebut akan semakin parah bahkan bisa menyebabkan kematian.

Oleh karena itu, untuk mengatasi campak Jerman atau Rubella kami merekomendasikan obat herbal QnC Jelly Gamat yang terbukti mampu mengatasi, menyembuhkan dan mengobati penyakit rubella secara alami tanpa efek samping yang membahayakan tubuh. Hanya dengan mengkonsumsi dan mengoleskannya secara rutin dan teratur, penyakit rubella atau campak Jerman dapat sembuh dalam waktu yang relatif singkat. Informasi selengkapnya mengenai khasiat QnC Jelly Gamat untuk mengobati penyakit rubella silahkan klik -> Obat Rubella Bayi dan Anak Di Apotik

Baca juga

Obat Tradisional Ruam Di Bawah Payudara
Obat Biang Keringat Pada Anak Di Apotik
Obat Alami Cacar Air Paling Ampuh
Obat Kutu Air Di Apotik
Obat Kurap Tradisional Di Apotik

Ciri Ciri Campak Jerman (Rubella) Pada Bayi dan Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *