Ciri-Ciri Darah Tinggi

By | November 16, 2017

Inilah Ciri-Ciri Darah Tinggi Yang Seharusnya Anda Ketahui !

Ciri-Ciri Darah Tinggi – Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi tekanan darah tinggi serta dapat mengakibatkan penyakit lainnya seperti penyakit jantung. Tekanan darah adalah kekuatan darah yang menekan dinding arteri dari jantung, yang memompa darah melalui arteri. Tekanan darah yang sangat tinggi juga akan mengganggu aliran darah.

Tekanan darah normal umumnya 120/80. Seseorang mesti mempunyai hipertensi atau mempunyai darah tinggi bila jumlahnya sekitar 140 mmHg sistolik atau lebih dan/atau 90 mmHg diastolik atau lebih.

Ciri-Ciri Darah Tinggi

Banyak orang-orang yang berasumsi hipertensi atau tekanan darah tinggi sebagai penyakit yang sepele tetapi baiknya Anda harus siaga dikarenakan Hipertensi atau tekanan darah tinggi ini gejala yang muncul seringkali tidak terlihat dengan jelas selama bertahun-tahun bahkan juga hipertensi disebut sebagai ‘silent killer’ yakni penyakit yang membunuh dengan diam-diam. Oleh karena itu setiap orang diharapkan lebih perduli dengan kesehatannya serta melakukan kontrol rutin tekanan darahnya.

Apa Sajakah Gejala Awal Penyakit Hipertensi ?

Terkadang kebanyakan orang kurang menyadari jika tekan darah mereka tinggi meskipun hal ini dapat membahayakan kesehatan mereka. Akan tetapi secara kasat mata gejala yang ditimbulkan karena penyakit hipertensi kurang begitu terlihat. Selain itu gejala yang muncul pun berbeda-beda dari setiap individu. Akan tetapi Anda perlu waspada jika Anda mengalaminya.

Menurut situs Boldsky ada beberapa gejala penyakit hipertensi yang timbul, sehingga seseorang bisa mengenali penyakit hipertensi sebelum penyakit ini menjadi lebih parah. Beberapa diantaranya sebagai berikut :

1. Kepala Terasa Sakit

Gejala yang lebih serius dari penyakit hipertensi yang ringan adalah sakit kepala dengan tempo yang sering dan terus-menerus, bisa saja ini merupakan gejala dari tekanan darah yang melonjak naik. Karena sakit kepala ini biasanya tidak dirasakan pada hipertensi yang ringan. Anda dapat terserang sakit kepala jika tekanan darah berada diatas 180/110 mmHg.

2. Mimisan

Pada tahap awal penyakit hipertensi mimisan juga menjadi salah satu tanda yang muncul. Jika ternyata Anda memiliki riwayat tekanan darah tinggi kemudian muncul mimisan yang sulit dihentikan segera periksakan diri ke dokter dan melakukan konsultasi.

3. Mual dan Muntah

Meskipun gejala mual dan muntah merupakan gejala umum yang terjadi pada kebanyakan penyakit namun pada penyakit hipertensi gejala mual dan muntah ini agak sedikit berbeda karena pada hipertensi atau tekanan darah tinggi mual dan muntah ini disertai dengan pandangan menjadi kabur dan juga napas dengan tempo yang pendek-pendek.

4. Mati Rasa

Meningkatnya tekanan darah akbiat hipertensi menyebabkan mati rasa atau rasa kesemutan yang bisa saja menjadi tanda awal penyakit stroke. Jika hipertensi tak bisa terkontrol maka akan berakibat pada rusaknya saraf sehingga gejala seperti ini muncul.

5. Titik darah pada bagian mata

Ketika Anda melihat terdapat titik darah pada bagian bola mata, Anda perlu waspada karena bisa saja titik darah tersebut merupakan pembekuan darah yang terjadi dikarenakan hipertensi. Sebelum Anda menghilangkan titik darah tersebut cobalah minta kepada dokter untuk diperiksa tekanan darah Anda.

6. Merasa Pusing

Vertigo dan perasaan ringan pada kepala yang disertai perasaan pusing juga kemungkinan merupakan gejala hipertensi. Jika muncul secara tiba-tiba tanda-tanda seperti ini jangan pernah diabaikan karena jika perasaan pusing dan juga vertigi ditambah lagi dengan sulitnya berjalan dan pingsan bisa merupakan tahap awal gejala stroke.

Namun, setiap orang harus lebih waspada dan jangan menunggu adanya gejala-gejala yang muncul, karena hipertensi merupakan penyakit yang berbahaya sehingga perlu diwaspadai lebih dini. Selain itu perlu diketahui juga bahwa orang yang terkena hipertensi di Indonesia mencapai 31,7% yang artinya dari 3 orang biasa, 1 orang mengalami hipertensi, dan 76,1% dari penderita hipertensi tidak mengetahui bahwa dirinya mengalami sakit hipertensi sehingga pengobatan agak terlambat dilakukan.

Diatas merupakan Gejala Penyakit Hipertensi. Meskipun hipertensi merupakan salah satu penyakit berbahaya tetapi penyakit ini dapat dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan rendah garam, memperbanyak konsumsi sayur dan buah, mengurangi makanan olahan dan cerdas memilih makanan yang tepat, selain itu menjaga kebugaran tubuh dengan melakukan olahraga secara teratur juga menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Semoga informasi tentang ciri-ciri gejala awal orang sakit hipertensi ini bermanfaat.

Baca Juga :

Obat Darah Tinggi Di Apotik

Biaya Operasi Gendang Telinga Pecah

7 Cara Cacar Air Cepat Kering Tanpa Bekas

9 Cara Mencegah Cacar Air

Ciri Ciri Cacar Air Dan Pengobatannya

 

Ciri-Ciri Darah Tinggi

 

One thought on “Ciri-Ciri Darah Tinggi

  1. Pingback: Penyebab dan Gejala Darah Tinggi Di Usia Muda | Anak Muda Wajib Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *