Penyebab dan Gejala Darah Tinggi Di Usia Muda

By | November 19, 2017

Penyebab dan Gejala Darah Tinggi Di Usia Muda

Penyebab dan Gejala Darah Tinggi Di Usia Muda – Penyebab darah tinggi pada usia muda bisa terlihat pada umur 13 hingga 18 tahun, karena pola hidup serta rutinitas buruk seseorang. Meskipun darah tinggi biasanya dipandang sebagai “masalah orangtua, ” namun remaja serta anak-anak dapat juga terserang tekanan darah tinggi.

Remaja saat ini umumnya memiliki berat berlebihan (obesitas) serta kurang olahraga dibanding remaja generasi masa lalu. Mengakibatkan, tekanan darah tinggi di kelompok remaja bertambah, dan satu penelitian besar membuktikan bahwa tekanan darah tinggi pada remaja bertambah dari 1% menjadi 5% pada tahun 1989 hingga 2002.

Darah tinggi atau yang lebih familiar disebut penyakit hipertensi awal mulanya menyerang manusia dengan tanda yang tidak terlihat tetapi bersamaan pola hidup serta pola makan yang tidak sehat terus dilakukan, maka penyakit darah tinggi tersebut tidak dapat dihindari.

Penyebab dan Gejala Darah Tinggi Di Usia Muda

Apa Penyebab Tekanan Darah Tinggi Pada Remaja ?

Pernah diyakini bahwa kebanyakan kasus tekanan darah tinggi pada remaja disebabkan oleh masalah mendasar pada jantung atau ginjal. Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa hal ini tidak benar, dan sekarang terlihat bahwa remaja mengalami tekanan darah tinggi pada sekitar proporsi yang sama seperti orang dewasa.

Dengan kata lain, sebagian besar kasus tekanan darah tinggi pada remaja diklasifikasikan sebagai hipertensi primer. Seperti orang dewasa, penyebab hipertensi primer tidak sepenuhnya dipahami. Beberapa remaja tampak mewarisi kecenderungan terkena tekanan darah tinggi dari orangtua mereka, sementara yang lain menjadi korban gaya hidup buruk, yang mengakibatkan obesitas dan bentuk tubuh tidak ideal yang istilahnya disebut dokter sebagai “menurunnya kebugaran kardiovaskular”.

Penting untuk menyadari bahwa perubahan hormonal remaja mengubah beberapa dinamika yang mempengaruhi risiko tekanan darah tinggi. Misalnya, makan junk food dan tidak berolahraga tidak selalu langsung mencerminkan peningkatan berat badan, namun tetap mempengaruhi tekanan darah pada remaja. Lonjakan hormon seks testosteron dan estrogen juga berperan dalam pengembangan tekanan darah tinggi di kalangan remaja.

Meski peran hormon ini sangat kompleks dan tidak sepenuhnya dipahami, tetapi telah menunjukkan bahwa remaja yang mulai pubertas di usia yang lebih muda cenderung memiliki risiko secara keseluruhan terkena tekanan darah tinggi.

Gejala Darah Tinggi Pada Usia Muda

  1. Menderita sakit kepala yang berulang dan lebih sering datang dengan mendadak dengan intensitas rasa nyeri yang ringan sampai berubah menjadi parah. Penyebab darah tinggi pada usia muda paling sering terjadi berawal karena stres yang berkepanjangan dan akhirnya lama kelamaan menyebabkan pembuluh darah menyempit karena tekanan dari strees itu sendiri yang akhirnya memicu munculnya sakit kepala.
  2. Menderita kesulitan tidur dapat menyerang usia muda karena peredaran darah dikepala tidak lancar. Kondisi ini sangat berpotensi menyebabkan munculnya penyakit insomnia. 
  3. Terjadi pendarahan dirongga hidung dengan debit darah yang ringan sampai berat. Kondisi ini disebabkan karena meningkatknya tekanan darah menyebabkan suhu panas meningkat didalam tubuh sehingga menekan pasokan darah menjadi terhamabat sehingga terjadi penggumpalan.
  4. Ketika tekanan darah meningkat diusia produktif maka gejala yang paling mudah dilihat adalah wajah berubah memerah dan nampak pucat setelahnya. Penyebab darah tinggi pada usia muda lebih banyak disebabkan karena adanya tekanan akibat aktivitas sehari hari.
  5. Sering mengalami kantuk dan merasa kehausan walaupun sudah minum air putih dengan jumlah yang memadai. Kondisi ini dipicu karena tekanan darah telah menyebabkan organ arteri bekerja berat dan harus dibantu oleh cairan tubuh , Hal inilah yang menyebabkan tubuh kekurangan cairan tubuh.
  6. Tulang, Persendian dan otot tubuh mengalami penurunan fungsi karena menderita kelemahan akibat aliran darah yang tidak stabil dibeberapa arteri dalam tubuh. Tubuh akan mudah lemas dan kelelahan.
  7. Mengalami pusing yang seakan akan tubuh berputar putar atau yang sering disebut sebagai vertigo. Vertigo pada penderita peningkatan tekanan daraha terutama usia muda bisa berlangsung berulang ulang atau hanya sebentar saja.
  8. Kehilangan kemampuan untuk bisa fokus atau berkonsentrasi pada apa yang sedang dihadapi. Seringkali linglung, Mudah lupa dan melamun.
  9. Mudah tersinggung , Sering panik, Gelisah dan tidak mampu mengendalikan emosi atau menjadi lebih sensitive pada hal hal yang sebenarnya tidak penting untuk tetap ditanggapi.

Demikianlah Penyebab dan Gejala Darah Tinggi Di Usia Muda Semoga Bermanfaat. 

Baca Juga :

Ciri-Ciri Darah Tinggi

Obat Darah Tinggi Di Apotik

Biaya Operasi Gendang Telinga Pecah

7 Cara Cacar Air Cepat Kering Tanpa Bekas

9 Cara Mencegah Cacar Air

Posted By : www.suppliergreenworld.com

Penyebab dan Gejala Darah Tinggi Di Usia Muda

One thought on “Penyebab dan Gejala Darah Tinggi Di Usia Muda

  1. Pingback: Inilah 5 Cara Menurunkan Darah Tinggi Pada Ibu Hamil Yang Paling Cepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *