Penyebab Penyakit Miom dan Kista

By | November 29, 2017

Inilah Penyebab Penyakit Miom dan Kista Yang Wajib Anda Ketahui !

Penyebab Penyakit Miom dan Kista – Saluran reproduksi wanita memanglah menjadi satu diantara organ yang paling banyak diperhatikan kebersihannya. Ini disebabkan kasus terjadi berbagai permasalahan pada saluran reproduksi wanita lantaran minimnya memperhatikan hal sepele seperti ini. Sebagian penyakit organ kewanitaan berkaitan rutinitas buruk ini di antaranya adalah penyakit miom dan kista bahkan juga kanker serviks yang mematikan.

Miom adalah pertumbuhan sel tumor didalam atau di sekitaran uterus (rahim) yg tidak berbentuk kanker atau ganas. Miom juga dikenal dengan nama mioma, uteri fibroid, atau leiomioma. Miom berasal dari sel otot rahim yang mulai tumbuh dengan abnormal. Perkembangan inilah yang pada akhirnya membuat tumor jinak. Makin membesarnya sel tumor dalam rahim ini diberi nama berkaitan dengan penyakit miom dan kista. Bedanya miom benjolan berisi cairan sedang kista berisi sebuah daging.

Penyebab Penyakit Miom dan Kista

Beberapa orang mengatakan penyakit ini adalah penyakit dalam organ kewanitaan “SERUPA TETAPI TAK SAMA” yakni keduanya sama dikarenakan oleh tumor yang tumbuh dalam rahim, dan berbeda bentuk (kista berisi daging sedangkan miom berisi cairan).

Penyebab Penyakit Miom dan Kista

Untuk penyebab terjadinya penyakit miom sampai saat ini belum di ketahui secara pasti. Ini di karenakan banyak faktor yang bisa memicu tumbuhnya penyakit miom dalam tubuh seorang wanita. Selain dikarenakan kurangnya memelihara kebersihan sekitar organ rahim, munculnya penyakit miomjuga dikaitkan dengan gangguan hormonal estrogen sekita usia 30-50 tahun.

Faktor penyebab munculnya miom pada diri seseorang juga terkait dengan berat badan mental dan spiritual. Fakta wanita dengan berat badan di atas rata rata dan mengalami stres cendrung beresiko terkena penyakit miom ketimbang wanita dengan berat badan ideal. Perlu anda ketahui, penyebab penyakit miom dan kista paling banyak terjadi adalah akibat kasus mestruasi dini, banyak mengkonsumsi daging merah dan mengkonsumsi minuman mengandung alkohol.

4 FAKTOR PENYEBAB MIOM DAN KISTA MENURUT MEDIS

1. Faktor Bakat

Hal ini dapat terjadi jika pertumbuhan miom tersebut semakin didorong oleh adanya rangsangan hormon. Rangsangan ini dapat berasal dari kondisi emosi yang tidak stabil, berat badan berlebih, dan makanan tidak bergizi. Pertumbuhan miom dapat terjadi minimal dalam kurun waktu 8 tahun.

2. Faktor Genetik

Penyakit Miom dapat sangat mungkin terjadi pada wanita dengan riwayat keluarga yang menderita penyakit yang sama. Infeksi dan jamur. Adanya infeksi dan jamur pada bagian dalam rahim dapat memicu pertumbuhan miom. Hal ini bisa disebabkan oleh kurang terjaganya kebersihan alat kelamin dan faktor makanan.

3. Faktor Hormon
Ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan timbulnya Mioma. Penyebab ini biasanya terjadi pada usia reproduksi bahkan pada wanita hamil karena pada masa ini produksi hormon estrogen sangat tinggi.

4. Gaya Hidup Tidak Sehat dan Stres

Gaya hidup tak sehat dapat menyebabkan kegemukan dan penimbunan kalori. Semakin banyak kalori tertimbun, maka semakin cepat pula pertumbuhan miom. Selain itu, daya tahan tubuh menurun pun berpengaruh.

Adapun gejala yang sering muncul terkait dengan penyakit mion dan kista antara lain :

  1. Keluhan nyeri ketiak menjelang atau dalam masa haid, beberapa penderita bahkan ada yang bisa sampai pingsan karena tidak tahan saking sakit nya menahan
  2. Nyeri perut pada bagian bawah
  3. Haid yang sangat banyak atau justru terlalu sedikit
  4. Sering merasa ingin buang air besar / kecil karena jaringan kista terus membesar semakin menekan kandung kemih sehingga tidak dapat menampung banyak air seni
  5. Pada keadaan lanjut dapat teraba benjolan di daerah perut
  6. Perubahan pola haid, misalnya terlambat haid atau pendarahan di antaranya periode haid
  7. Pendarahan vagina yang hebat dan tidak teratur
  8. Nyeri perut hebat di sertai mual dan muntah
  9. Pembesaran perut akibat beberapa jenis kista yang cenderung tubuh makin besar
  10. Rasa sakit seperti di gigit semut di bagian bawah perut kiri dan kanan secara bergantian
  11. Keluhan sakit pada pinggang belakang
  12. Sakit saat berhubungan seks atau intim
  13. Jika kista pecah misalnya saat berhubungan seksual penderita akan merasa nyeri bertambah bila melakukan aktivitas fisik
  14. Apabila gejala gejala di atas anda alami, maka kemungkinan besar terdapat masalah dalam tubuh anda. Agar lebih jelasnya, anda bisa berkonsultasi dengan dokter terdekat sejak sekarang sebelum terlambat. Bila perlu lakukan pemeriksaan USG untuk mengetahui secara pasti kondisi dalam rahim anda.

Baca Juga :

Cara Mengatasi Darah Tinggi Pada Lansia

Cara Menurunkan Darah Tinggi Pada Ibu Hamil

Penyebab dan Gejala Darah Tinggi Di Usia Muda

Ciri-Ciri Darah Tinggi

Obat Darah Tinggi Di Apotik

Biaya Operasi Gendang Telinga Pecah

Posted By : www.suppliergreenworld.com

Penyebab Penyakit Miom dan Kista

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *