Tips Agar Anak Tumbuh Tinggi Optimal

By | October 17, 2016

Tips Agar Anak Tumbuh Tinggi Optimal

Setiap Orang Tua tentu menginginkan anaknya tumbuh tinggi optimal. Namun apakah Anda tahu bahwa ada 35% atau sekitar sepertiga anak yang tumbuh di Indonesia dikatakan sebagai anak yang pendek? Dan mungkin saja anda merasakannya sendiri, bahwa anak anda belum memiliki tubuh tinggi optimal.

Selamat karena anda telah mengambil langkah yang tepat mengunjungi website kami. Terinspirasi dari anak-anak indonesia yang memiliki masalah dengan tinggi badan mereka yang terhambat. Maka kami akan mengulas Tips Agar Anak Tumbuh Tinggi Optimal .

Tips Agar Anak Tumbuh Tinggi Optimal

Ada yang mengatakan bahwa tinggi badan anak itu tergantung keturunannya atau gen. Itu benar, namun tak sepenuhnya pertumbuhan dipengaruhi oleh keturunan. Ada beberapa faktor lain yang tentunya sangat berpengaruh dalam pertumbuhan anak diantaranya :

1. faktor lingkungan

Lingkungan merupakan faktor yang mempengaruhi orang setiap hari sejak lahir sampai akhir hidupnya, dan itu mempengaruhi tercapainya atau tidak potensi yang sudah ada pada diri manusia tersebut sesuai dengan genetik yang dimilikinya. Faktor lingkungan dibagi menjadi dua bagian, yaitu:

2. Lingkungan postnatal atau lingkungan setelah kelahiran.

Lingkungan postnatal dapat diklasifikasikan menjadi 2 yaitu :

  • Lingkungan biologis , termasuk ras, gizi ,jenis kelamin,perawatan kesehatan, penyakit kronis, dan fungsi metabolisme.
  • Lingkungan fisik, termasuk cuaca, sanitasi, kondisi rumah dan radiasi.
  • Lingkungan psikososial, termasuk stimulasi, teman sepergaulan, motivasi belajar, stres, sekolah, cinta, interaksi antara anak dan orang tua.
  • Lingkungan keluarga dan adat istiadat, termasuk pekerjaan atau keuangan keluarga, pendidikan orang tua, kepribadian orang tua dan stabilitas rumah tangga.

3. faktor gizi

Gizi merupakan salah satu unsur penting yang mendukung kelangsungan dari proses pertumbuhan. Selama masa pertumbuhan dan perkembangan, anak-anak sangat membutuhkan nutrisi seperti protein, karbohidrat, lemak, mineral, vitamin dan air. Jika kondisi ini tidak terpenuhi, maka proses pertumbuhan dapat lebih sulit.

4. Faktor kesehatan

Keadaan kesehatan dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan.Percepatan untuk tumbuh kembang ini sangat mudah pada anak-anak dengan kondisi tubuh yang sehat. Namun ketika sakit, sebaliknya itu dapat menghambat pertumbuhan.

5. Faktor status sosial ekonomi

Status sosial ekonomi dapat mempengaruhi perkembangan anak. Anak-anak yang lahir dan dibesarkan di lingkungan dengan status sosial yang tinggi cenderung lebih dapat memenuhi kebutuhan gizinya. Dibandingkan dengan anak-anak yang lahir dan dibesarkan dalam status ekonomi rendah.

Setelah kita mengetahui faktor yang mempengaruhi pertumbuhan anak. Berikut solusi agar anak tumbuh tinggi maksimal.

1.Istirahat yang cukup

Hal sederhana terpenting yang dapat dilakukan adalah membuat anak tidur lebih awal, setidaknya 10 sampai 12 jam. Tanpa istirahat yang cukup, tubuh anak dapat mengalami gangguan pertumbuhan.

2. Cukupi asupan protein

Pastikan bahwa anak-anak yang mendapatkan makanan yang kaya protein seperti telur.Susu juga harus ditetapkan karena mengandung asam amino esensial diperlukan tubuh harus membentuk protein alami. Jangan lupa untuk memberikan daging tanpa lemak. Dengan asupan protein yang tinggi, anak akan tumbuh tinggi optimal.

3. Pastikan bahwa anak anda mendapatkan zat penting

Pastikan anak memperoleh kalsium, zat besi dan vitamin A setiap hari, karena tiga zat tersebut dapat mendorong pertumbuhan anak. Kombinasikan juga ketiga zat nutrisi tersebut dengan protein agar memperoleh hasil yang maksimal. Berikut makanan-makanan yang mengandung ketika zat tersebut

  • Vitamin A

Vitamin A dapat kita temukan dalam sayuran ( Wortel, Bayam, Dan Tomat) dan Buah-buahan (Pepaya, Buah Naga, Apel, Pisang, dan Umbi-umbian.

  • Kalsium

Makanan yang mengandung kalsium diantaranya adalah Susu, Keju, Youghurt, Bayam, Lobak, Kol, brokoli, Kangkung dan Kacang-kacangan seperti kacang kedelai

  • Zat Besi

makanan yang mengandung zat besi diantaranya yaitu Daging merah, Kuning Telur, Sayuran berdaun gelap atau hijau, buah kering seperti plum dan kismis, Kacang-kacangan

Setelah kami simpulkan bahwa ada beberapa makanan yang mengandung ketiga zat nutrisi yang diperlukan tubuh. Sehingga mempermudah anda memberikan asupan pada anak tanpa harus bingung mengolah makanan yang mengandung ketiga zat nutrisi yang telah saya sebutkan.

4. Hindari risiko obesitas

Dengan cara makan teratur, diimbangi dengan olahraga yang konsisten sehingga pertumbuhan anak optimal. Melatih anak berolahraga dapat melatih kebugaran jasmani mereka. Coba juga untuk sering-sering melatih anak anda berenang. Karena sebagian orang percaya bahwa dengan berenang dapat membuat anak tumbuh tinggi optimal. Selain renang ada juga olah raga lainnya yang dapat dilakukan bersama anak anda yaitu bersepeda, basket, dan sepak bola.

Mungkin begitulah tips dari kami semoga bermanfaat bagi anda dalam waktu yang panjang. Aamiin. Kalau anda memiliki pertanyaan silahkan berkomentar dibawah ini. Terimakasih 🙂

Baca juga :

Tumbuh Tinggi  Optimal Dengan Zinc Tablet

Manfaat Calcium Softgel

Cara Agar Anak Lahap Makan

Cara Pemesanan Jelly Gamat QnC

Apakah Anda Menyukai Artikel Yang Kami Sajikan?
Silahkan Dapatkan Informasi Mengenai Kesehatan lainnya di bawah ini

Twitter
Facebook
Google+

Tips Agar Anak Tumbuh Tinggi Optimal

 

cara agar anak tumbuh tinggi dan gemuk agar anak cepat gemuk dan tinggi susu untuk tumbuh tinggi badan agar anak cepat tinggi agar bayi tumbuh sehat dan cerdas

One thought on “Tips Agar Anak Tumbuh Tinggi Optimal

  1. Pingback: Obat Penghilang Bopeng Bekas Jerawat Paling Ampuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *