Tips Cara Agar Anak Lahap Makan

By | October 15, 2016

Tips Cara Agar Anak Lahap Makan

Tips Cara Agar Anak Lahap Makan

Setiap ibu tentu menginginkan anaknya agar doyan makan dan gemuk sehat. Namun kadang terasa bingung jika anak menutup mulutnya rapat rapat tak ingin makan. Dibutuhkan kesabaran dan usaha yang keras. Khususnya untuk ibu muda yang baru memiliki anak, mungkin sekarang sedang mencari-cari  cara agar anak lahap makan. Nah sekarang kami akan mengulas Tips Cara Agar Anak Lahap Makan berdasarkan pengalaman ibu yang sukses membuat anaknya lahap makan. Dengan mengikuti tips ini nafsu makan anak anda dipastikan meningkat. Selamat menyimak.

Anak susah makan terjadi bukan tanpa sebab. Ada faktor yang menyebabkan anak sulit makan. Berikut faktor faktor yang kami rangkum dari pengalaman-pengalaman seorang ibu, kenapa anak sulit makan. Diharapkan agar anda amati dan tentukan termasuk manakah anak anda.

1. Terlalu banyak porsi yang anda berikan.

2. Gangguan pada sistem pencernaan seperti sariawan, sakit gigi, nyeri tenggorokan, dan lainnya (seleranya terganggu oleh penyakit).

3. Tidak menyukai atau bosan dengan menu makanan 

4. Anda terlalu menekan nya untuk makan

Setelah anda amati beberapa faktor di atas. Kami sajikan solusi atau tips mengatasi anak susah makan. Silahkan anda ikuti di setiap poin nya dengan baik.

1. Berikan Porsi Cukup

Porsi yang banyak dapat membuat selera makan si kecil hilang. Berikanlah porsi yang cukup agar bisa dihabiskannya. Jika setelah habis anak anda bisa memberikannya lagi. Dengan ini maka anda akan secara bertahap memberinya porsi lebih dan anak akan menghabiskannya. Ingatlah dibutuhkan kesabaran dalam memberikan anak makan.

1. Jangan Memberikan Susu atau Jus Sebelum Makan
Jangan lakukan hal ini menjelang makan. Sehingga anak anda akan merasa lapar dan ingin makan. Rasa lapar dibutuhkan agar anak memiliki selera makan yang cukup untuk menghabiskan makanan dalam porsi yang sesuai kebutuhannya. Jika anda ingin memberikan susu atau jus, berikanlah sebagai minumannya setelah makan.

2. Cek Kesehatannya
Anak anda susah makan bisa jadi karena sedang memiliki masalah kesehatan yang dirasakan nya seperti sakit gigi, sariawan, atau tidak nyaman nya tenggorokan. Mungkin anak anda tidak bisa mengatakannya, tapi anda harus memahaminya. Solusinya bawalah ke dokter untuk pengobatan. Dengan cepat masalah kesehatan teratasi maka semakin cepat anak mau makan dengan porsi cukup.

3. Sajikan Makanan Dengan Cara Menarik

Dengan cara ini anak akan tertarik dan berselera menghabiskan porsi makanannya. Anda bisa menghias makanannya, atau dengan menggunakan piring bergambar kartun kesukaannya, atau dengan cara menyuapinya sambil bercerita. Berikan pujian setelah anak menghabiskan porsi makanannya. Karena pujian akan membuatnya senang.

4. Sajikan Makanan Yang Bervariasi

Sajikan lah menu makanan yang bervariasi setiap harinya. Agar anak anda tidak bosan dan mau makan. Berikan kejutan-kejutan dengan hari ini masak apa. Dengan begini juga anda memperkenalkan makananan dari berbagai jenis sayur, buah-buahan, berbagai jenis makanan berprotein dan berkarbohidrat dalam sajian makannya.

Lalu sekali-kali cobalah amati atau tanyakan apa makanan kesukaannya, Sehingga anda bisa menyajikannya ketika bingung harus memberikan makanannya apa. 

5. Jadwal Teratur

Ini penting karena anak akan terbiasa dengan waktu dimana ia harus makan. Dan anda harus menyesuaikan dengan jadwal ini jangan sampai anda memberinya makan di waktu-waktu yang berbeda. Misalkan buatlah jadwal tiga kali makanan utama dan dua kali makanan cemilan. Ini berlaku juga jika anda ingin menambahkan jus atau susu dalam asupan nya, agar tidak mengganggu jadwal makan .

6. Suasana Yang Menyenangkan dan Relaks

Makan bersama keluarga di pada satu meja makan akan membuat buah hati anda menerima makanan yang telah dihidangkan. Dengan suasana yang hangat akan kasih sayang dari orang tua dan saudaranya, ia akan bersemangat makan dan biarkan buah hati anda ini melihat anggota keluarganya seperti ayah, ibu, kakak nya yang menikmati makanan sampai habis.  

Anda juga bisa menyuapinya sambil bermain diluar bersama temannya, agar anak anda semangat untuk makan. Hal ini kerap terjadi, dimana para ibu menyuapi anaknya yang sedang bermain.

7. Tapi Ingat Jangan Selalu Menyuapinya

Berikanlah ia makanan yang bisa ia masukan sendiri ke dalam mulutnya. Hal ini akan membantu keterampilnya dalam makan, meskipun akan membuat makanan berjatuhan di lantai. Namun itu adalah hal wajar.

Sekian Tips dari kami, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda dalam jangka waktu yang panjang. Semoga anak anda dapat tumbuh sehat dan cerdas. Aamiin !

Apabila ada yang dipertanyakan atau mencari solusi untuk anak. Silahkan berkomentar dibawah dan jangan lupa berkunjung lagi 🙂 

Baca Juga :

Cara Memperoleh QnC Jelly Gamat Yang Asli 

Zinc Tablet Untuk Pertumbuhan Anak

Tips Agar Anak Cepat Bisa Jalan Sendiri

Khasiat Calcium Softgel

Apakah Anda Menyukai Artikel Yang Kami Sajikan?
Silahkan Dapatkan Informasi Mengenai Kesehatan lainnya di bawah ini

Twitter
Facebook
Google+

Tips Cara Agar Anak Lahap Makan

agar anak doyan makan dan gemuk cara agar anak mau makan dan minum susu obat nafsu makan anak tradisional agar bayi lahap makan meningkatkan nafsu makan bayi cara agar anak nafsu makan dan gemuk

4 thoughts on “Tips Cara Agar Anak Lahap Makan

  1. Pingback: Ramuan Penambah Nafsu Makan Anak Tradisional

  2. Pingback: Obat Kencing Sakit Pada Pria Dan Wanita Di Apotik

  3. Pingback: Menu Makanan Penambah Nafsu Makan Anak Dan Dewasa

  4. Pingback: Inilah Rahasia Menu Makanan Pelancar Buang Air Besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *