Tips Cara Mengatasi Anak Susah Berjalan

By | October 14, 2016

Tips Cara Mengatasi Anak Susah Berjalan

Kebanyakan orang tua berharap anak mereka bisa berjalan dengan cepat. Namun Pada dasarnya pertumbuhan fase anak tidak sama dengan anak-anak lain karena beberapa anak mengalami pertumbuhan yang lambat, sementara beberapa anak lain dengan cepat. Dan sebenarnya kemampuan yang normal usia berjalan berkisar antara 9 bulan sampai 18 bulan.

Beberapa anak memang susah berjalan setelah melewati kisaran umur 18 bulan. Oleh sebab itu kami akan memberikan Tips Cara Mengatasi Anak Susah Berjalan , Tapi sebelum ke tips ada baiknya kita ketahui  dulu apa penyebabnya anak susah jalan.

Tips Cara Mengatasi Anak Susah Berjalan

Lambatnya proses dalam berjalan disebabkan oleh banyak faktor. Berikut adalah beberapa faktornya:

Faktor fisik
Pertumbuhan kaki tidak sempurna, gangguan pada otot, otak atau sumsum tulang belakang adalah penyebab anak susah berjalan. Gangguan pada otot umumnya merupakan faktor genetik atau keturunan, sehingga anak susah berjalan dengan baik.  Cedera pada tulang belakang pun dapat mengganggu kemampuan anak dalam berjalan. Adapun penghambat pertumbuhan lainnya seperti penyakit seperti polio.

Perlu anda perhatikan, jika usia 3 tahun, anak masih kurang bisa berdiri dengan baik karena kondisi tubuhnya masih lemah,  bisa jadi ini merupakan tanda gangguan motorik yang terjadi pada buah hati anda.

Faktor Perkembangan motorik lambat

Anak-anak yang memiliki diysfunction of sensory integration  (DSI) akan sering terganggu keseimbangannya . Gangguan keseimbangan inilah yang seringkali membuat anak kurang percaya diri, ini biasanya ditandai dengan ketakutan anak dalam berenang, menaiki mainan yang bergoyang-goyang seperti ayunan (yang memerlukan koin) dan  naik lift atau eskalator.

Hambatan psikologis
Selain faktor fisik dan faktor motorik,  psikologis juga merupakan faktor lambatnya bayi berjalan. Jika pertumbuhan fisik anak normal, tapi masih tidak berhasil, maka ada kemungkinan anak belum matang secara psikologis. kematangan psikologis tergantung pada kemauan dan kesiapan anak itu sendiri.

Umumnya, anak yang memiliki sifat terbuka lebih cepat mengungkapkan keinginannya untuk berjalan daripada anak yang pendiam. Meskipun kakinya kuat, tapi jika dia tidak siap atau tidak ingin berdiri lalu berjalan, maka itu akan menghambatnya untuk bisa berjalan. Atau pun, anak-anak yang terlalu dimanjakan dan selalu digendong, bisa saja mengalami trauma karena jatuh ketika belajar berjalan.  Namun anak yang mengalami trauma karena jatuh jarang sekali.

Tetapi anda jangan khawatir jika anak anda susah berjalan. Berikut tips agar anak cepat berjalan dari kami :

1. Berikan asupan gizi dan nutrisi yang lengkap.

Penuhi kebutuhan nutrisi dan gizi yang cukup untuk anak anda. Ini sangat penting, karena naik anda masih dalam tahap perkembangan dan pertumbuhan. Untuk itu anda bisa berikan sereal yang mengandung nutrisi dan gizi yang cukup di dalamnya.

2. Formula susu yang kaya akan kalsium dan zat besi
Saat anda ingin membeli susu formula pilihlah susu yang kandungan kalsium nya tinggi dan zat besi yang cukup, karena ini baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang yang kuat.

3. Jangan terlalu sering memakai popok
Sering menggunakan popok membuat anak anda tidak bebas bergerak, sehingga dapat mempengaruhi pergerakan kaki dan paha. Saran kami pakailah popok hanya jika berpergian saja. Jika tidak diperlukan biarkan anak anda bergerak bebas. Anda dapat menggunakan  karpet bayi jika takut dia akan buang air.

4. Pijat lah kaki anak anda
Sering memijat kaki anak anda, sangat bagus untuk kelancaran arus darah dan membuat kaki bayi kuat.

5. Jangan sering menggendongnya
Menggendong bayi baik-baik saja, tetapi lebih baik tidak sering, terutama ketika ia memasuki usia belasan bulan, karena akan membuatnya malas dan manja, sehingga tidak betah untuk berjalan.

6. Gunakan box bayi
Box bayi yang sangat cocok sebagai tempat pelatihan sendiri, bayi yang sudah bisa merangkak lebih baik sekali ditempatkan di box  sehingga ia bisa memegang gagang box dan belajar untuk berdiri sendiri atau melangkahkan kaki.

7. Bantu anak anda untuk berjalan bersama 
Jika Anda bersantai ada baiknya untuk melatih anak untuk berjalan dengan berdiri sambil memegang tangannya dan mengikuti arah gerak mereka.

8. Pancing dengan mainan
Anak-anak secara alami sangat tertarik pada barang benda, terutama mainan, pancing lah anak dengan mainan nya, berjalan ke arah anda. Saran kami latihlah ia di pinggir tembok agar bisa berpegangan. 

9. Bawa anak anda keluar rumah 
Anak yang sedang belajar berjalan jika hanya tinggal di dalam rumah kurang baik kesehatan, karena tidak terkena sinar matahari, membuat ia lemah dan kurang kuat, bisa juga mempengaruhi kekuatan tubuhnya untuk berjalan.

10. Biarkan kaki anak anda menyentuh rumput
Entah benar atau tidak, tapi mitos ini selalu diyakini oleh nenek moyang kita ketika bayi sering menyentuh rumput dengan kakinya , terutama di pagi hari itu akan dapat berjalan dengan cepat.

11. Berikan obat herbal 

Kami sarankan berikan obat herbal yang mengandung Kalsium dan Zinc. Agar dapat membantu ia dalam pertumbuhan dan perkembangan. Seperti Calcium Softgel dan Zinc Tablet yang mampu mendorong anak untuk dapat berjalan secara cepat dan aman.

Sekian tips dari kami semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda dan kami doakan agar anak anda cepat bisa berjalan. Aaamiin. Jangan lupa berkunjung kembali. 🙂

Baca Juga :

Cara Mendapatkan Produk QnC Jelly Gamat Yang Asli

Tips Cara Mengatasi Anak Susah Berjalan

5 thoughts on “Tips Cara Mengatasi Anak Susah Berjalan

  1. Pingback: Obat Bibir Pecah Pecah Dan Sariawan Tradisional Di Apotik

  2. Pingback: Tips Cara Agar Anak Lahap Makan Dengan Mudah

  3. Pingback: Inilah Cara Menghadapi Cuaca Dingin Di Musim Hujan !

  4. Pingback: Khasiat Dan Manfaat Yoghurt Bagi Kesehatan Tubuh

  5. Pingback: Obat Penghilang Bopeng Bekas Jerawat Paling Ampuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *